Maharani, Nabila Aisya (2025) TA: Pengembangan Strategi Bisnis Pancong Pocong di Desa Pagerwojo Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.
|
Text
20430100009 - 2025 - UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version Download (2MB) |
|
|
Text
20430100009-2025-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (463kB) |
Search this title on :
|
Abstract
Usaha mikro Pancong Pocong Jombang merupakan bisnis kuliner berbasis franchise yang menawarkan kue pancong dengan berbagai inovasi rasa modern seperti cokelat, tiramisu, red velvet, dan chocomaltine. Pada awal grand opening penjualan sangat tinggi, namun secara bertahap pada bulan-bulan berikutnya mengalami penurunan. Penurunan ini disebabkan oleh promosi yang kurang optimal, minimnya inovasi produk, strategi pemasaran digital yang belum maksimal. Hasil analisis SWOT menunjukkan kekuatan usaha yang meliputi varian rasa kekinian yang menarik, harga terjangkau, dan lokasi outlet yang trategis dekat pasar tradisional dan keramaian. Namun masih terdapat kelemahan seperti ketergantungan pada tren viral, brand awareness yang belum luas, serta kurang konsistennya inovasi produk dan promosi. Peluang yang dapat dimanfaatkan meliputi tren makanan lokal kekinian dan potensi kolaborasi dengan influencer lokal, sementara ancaman berasal dari penurunan daya beli masyarakat, perubahan selera yang cepat, dan persaingan ketat di industri jajanan camilan. Dengan menerapkan strategi yang dirumuskan melalui analisis SWOT, yaitu pengembangan varian rasa baru, optimalisasi promosi digital melalui Instagram, Facebook, dan Tiktok serta kolaborasi dengan influencer lokal, pada periode Mei hingga Juli penjualan kue pancong mencapai 1.704 pcs dengan nilai penjualan yang melampui target sebesar Rp 10.000.000/bulan terjadi peningkatkan penjualan sebesar 50,5% selama periode tersebut. Dengan strategi ini Pancong Pocong Jombang mampu memperkuat posisinya di pasar lokal, memperluas jangkauan konsumen, serta menjaga pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dalam menghadapi persaingan industri kuliner yang dinamis.
Export Record
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | Nabila Aisya Maharani (20430100009) |
| Uncontrolled Keywords: | Strategi Bisnis, Analisis SWOT, Pemasaran Digital, Inovasi Produk Pancong Pocong |
| Dewey Decimal Classification: | 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
| Depositing User: | Nabila Aisya Maharani |
| Date Deposited: | 25 Aug 2025 15:20 |
| Last Modified: | 25 Aug 2025 15:20 |
| THESIS ADVISORS: |
1. Dr. Drs. Antok Supriyanto, M.MT. (NIDN : 0726106201)
2. Dr. Januar Wibowo, S.T., M.M. (NIDN : 0715016801) |
| URI: | http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/7871 |
Download Statistics
Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Actions (login required)
![]() |
View Item |

Altmetric
Altmetric