Irwandi, Yonathan (2024) LKP : Menjadi Clapper dalam Project Video Microlearning Kemendikbud. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.
![]() |
Text
21510160004_2024_UNIVERSITAS DINAMIKA.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
![]() |
Text
21510160004_2024_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (966kB) |
Search this title on :
|
Abstract
Di industri film Indonesia, clapper biasanya bergerak di dalam divisi script continuity yang berada di bawah sutradara. Divisi script continuity pun umumnya terdiri dari chief, visual continuity, video assist, dan clapper. Dalam produksi film, clapper bertanggung jawab dalam menyinkronkan audio dan video agar nantinya mempermudah proses editing film. Hamdi menjelaskan, bahwa seorang clapper memiliki kewajiban untuk memasukkan clap ke dalam frame/gambar, pada sebelum atau selesai kamera mulai merekam. Slate yang biasanya berwarna hitam putih bukan cuma buat penambahan footage namun semua memiliki fungsi. slate berfungsi untuk menandai tiap adegan yang direkam. Dalam sebuah produksi film, biasanya ada satu atau dua orang yang menjadi clapper. Seorang yang bertugas mencatat informasi di clapper board disebut clapper. Biasanya clapper akan bekerja dibawah Script Continuity dibawah depertemen penyutradaraan. Ia akan bekerjasama dengan Pencatat Adegan/Penanggungjawab Naskah/Script Supervisor untuk mendata kesinambungan gambar. Informasi yang ditulis di clapperboard akan dicatat oleh Pencatat Adegan dalam secarik kertas, untuk memudahkan penyunting gambar/editor dalam bekerja di post-production. Saat proses shooting, clapper board direkam tepat saat kamera rolling. Kemudian clapper menulis adegan dan take mana saja yang dipilih oleh sutradara berdasarkan data yang tercatat di papan. Catatan ini diberikan kepada video editor. Oleh karena itu, diperlukan suatu ilmu untuk mempelajari tentang pengambilan gambar menggunakan clapper yang baik untuk menghasilkan sebuah video yang baik dan indah saat dilihat. Oleh karena itu penulis melakukan kegiatan Kerja Praktek sebagai salah satu tujuan menyelesaikan kegiatan Merdeka belajar. Sehingga dalam penulisan laporan kerja diambillah judul: "Penjelasan Tentang Clapper Dalam Kegiatan Produksi Video Microlearning Kemendikbud”.
Export Record
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Yonathan Irwandi (21510160004) |
Uncontrolled Keywords: | Clapper, Video Microlearning, KP |
Dewey Decimal Classification: | 700 – Arts & recreation > 770 Photography & photographs > 770 Photography, photographs & computer art |
Divisions: | Fakultas Desain dan Industri Kreatif > D4 Produksi Film dan Televisi |
Depositing User: | Yonathan Irwandi |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 16:00 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 16:00 |
THESIS ADVISORS: |
1. Prof. Dr. Bambang Hariadi, M.Pd. (NIDN : 0719106401)
|
URI: | http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/7889 |
Download Statistics
Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Actions (login required)
![]() |
View Item |