Roshiqin, Alansyah Zainur (2024) LKP : Peran Asisten Produksi dalam Mempersiapkan dan Memenejemen Kebutuhan Kreatif Produksi, Mulai dari Pra Produksi, Produksi, hingga Pasca Produksi. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.
![]() |
Text
21510160008-2024-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21510160008-2024-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Search this title on :
|
Abstract
Seorang Asisten produksi bertugas membantu Sutradara dalam menjalankan produksi dan mengurus hal administrasi sebagai sekretaris serta juru bicara, perintah Sutradara terkait produksi harus disampaikan kepada seluruh kru produksi. Asisten produksi memiliki banyak tugas yang dimulai dari proses pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Selain itu, seorang Asisten produksi dapat mencakup peran sebagai kreatif dalam memproduksi film maupun video iklan komersil. Dalam UU Perfilman nomor 33 tahun 2009, bahwa film sebagai media komunikasi massa merupakan sarana pencerdasan kehidupan bangsa serta pemajuan kesejahteraan masyarakat, serta wahana promosi Indonesia di dunia internasional, sehingga film dan perfilman Indonesia perlu dikembangkan dan dilindungi. IGB Media merupakan production house yang membantu Masyarakat dalam promosi baik Orang Perseorangan maupun Perusahaan dalam bentuk video iklan komersil, short movie, hingga social media social media engagement, tentunya sesuai kaidah – kaidah dan aturan yang terdapat pada UU Perfilman nomor 33 tahun 2009. Production House ini bersifat komersil yang berbadan hukum. Sifatnya yang komersil menandakan bahwa Production House ini memiliki tujuan demi keuntungan. Sumber pembiayaannya bisa berasal dari iklan hingga sponsor yang bekerjasama dengan Production House ini. Penulis melaksanakan kegiatan magang ini di departemen produksi. Posisi penulis yang menjadi seorang Asisten Produksi mengharuskan penulis untuk terus mengikuti proses produksi dari mulai pra produksi, produksi, pasca produksi. Penulis juga harus memastikan alat yang dipakai sudah sesuai dan layak, membuat storyline/ide cerita, membreakdown storyboad yang sudah dibuat bersama crew, melakukan crew call, memastikan materi tayangan sesuai dengan storyboard yang telah disepakati oleh crew, talent, dan client, melakukan preview tayangan bersama Sutradara dan Produser.
Export Record
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Alansyah Zainur Roshiqin (21510160008) |
Uncontrolled Keywords: | Video iklan komersil, Short Movie, Asisten Produksi |
Dewey Decimal Classification: | 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Desain dan Industri Kreatif > D4 Produksi Film dan Televisi |
Depositing User: | Alansyah Zainur Roshiqin |
Date Deposited: | 20 Dec 2024 15:33 |
Last Modified: | 20 Dec 2024 15:33 |
THESIS ADVISORS: |
1. Prof. Dr. Bambang Hariadi, M.Pd. (NIDN : 0719106401)
|
URI: | http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/7893 |
Download Statistics
Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Actions (login required)
![]() |
View Item |