Firmansyah, Gilang Fajar (2025) TA: Perancangan Board Game sebagai Pembelajaran Notasi Hitung Yang Menarik Bagi Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.
![]() |
Text
21420100025-2025-UNIVERSITASDINAMIKA-POSTER.PDF - Accepted Version Download (1MB) |
![]() |
Text
21420100025-2025-UNIVERSITASDINAMIKA-KATALOG.PDF - Accepted Version Download (6MB) |
![]() |
Text
21420100025-2025-UNIVERSITASDINAMIKA-LAMPIRAN.PDF - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Search this title on :
|
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang board game sebagai media pembelajaran notasi hitung yang menarik bagi siswa kelas 3 Sekolah Dasar. Latar belakang masalah yang mendasari penelitian ini adalah kurangnya minatnya siswa dalam mengikuti mata pelajaran matematika, selain itu media pembelajaran guru yang konvensional dan membosankan juga berpengaruh terhadap kurang minatnya siswa dalam mengikuti mata pelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi literatur. Hasil dari tahap define menunjukkan bahwa board game dengan genre trivia dan card driven game berpotensi menjadi media pembelajaran yang menarik dan interaktif untuk membantu siswa mempelajari notasi hitung. Proses perancangan karya menggunakan metode design thinking yang meliputi tahap empathize, define, ideate, prototype, dan testing. Karya yang dihasilkan berupa board game dengan konsep ular tangga yang menggunakan kartu pertanyaan trivia sebagai penggerak pion. Selain itu, terdapat fitur augmented reality (AR) pada kartu-kartu dalam board game untuk meningkatkan interaktivitas. Diharapkan dengan adanya board game ini, dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas 3 Sekolah Dasar pada mata pelajaran matematika, khususnya notasi hitung, serta memberikan pengalaman belajar yang menarik, menyenangkan, efektif dan tidak membosankan.
Export Record
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Gilang Fajar Firmansyah (21420100025) |
Uncontrolled Keywords: | Board game, Minat belajar, matematika |
Dewey Decimal Classification: | 600 – Technology > 680 Manufacture for specific uses > 688 Other final products & packaging |
Divisions: | Fakultas Desain dan Industri Kreatif > S1 Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | Gilang Fajar Firmansyah |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 14:19 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 14:19 |
THESIS ADVISORS: |
1. Dhika Yuan Yurisma, M.Ds. (NIDN : 0720028701)
2. Prof. Dr. Bambang Hariadi, M.Pd. (NIDN : 0719106401) |
URI: | http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/7979 |
Download Statistics
Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Actions (login required)
![]() |
View Item |