Learning Commons sebagai Upaya Perpustakaan Perguruan Tinggi Menghadapi Perubahan Perilaku Generasi Internet

Kumalawati, Deasy ORCID: https://orcid.org/0000-0003-0415-4130 and Wahyuni, Phil. Hermin Indah (2014) Learning Commons sebagai Upaya Perpustakaan Perguruan Tinggi Menghadapi Perubahan Perilaku Generasi Internet. In: Prosiding Manajemen Perpustakaan Perguruan Tinggi untuk Net Generation: Tantangan dan Peluang, 7-8 November 2014, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
Learning Commons sebagai Upaya Perpustakaan Perguruan.pdf

Download (127kB)

Search this title on : |

Abstract

Memasuki era digital, saat informasi dapat diakses tanpa ada batas ruang dan waktu, telah memberikan dampak yang cukup besar terhadap perpustakaan. Pada masa ini eksistensi perpustakaan mulai dipertanyakan. Perubahan perilaku pencarian informasi dan perubahan kebutuhan terhadap perpustakaan membuat pustakawan dituntut untuk dapat terus mengikuti perkembangan terkini dalam mengelola perpustakaan. Generasi internet merupakan generasi yang tidak bisa lepas dari teknologi internet dan menyukai melakukan kegiatan dengan berkelompok di tempat yang nyaman serta didukung dengan teknologi yang tinggi. Menjawab kebutuhan ini, ide learning commons muncul, dengan merubah konsep pengelolaan perpustakan yang disesuaikan dengan karakter generasi digital. Learning commons dapat didefinisikan sebagai sebuah konsep pemanfaatan ruang-ruang yang ada dalam perpustakaan dengan menyediakan fasilitas, layanan, dan media belajar dalam satu area/ lokasi yang didukung dengan teknologi informasi dan komunikasi yang berkualitas tinggi. Konsep learning commons hadir sebagai upaya mengimbangi adanya perubahan perilaku masyarakat generasi digital dalam memanfaatkan perpustakaan. Menciptakan perpustakaan berbasis learning commons tidak berarti harus mengeluarkan biaya besar namun yang terpenting adalah bagaimana merubah pola pikir pustakawan untuk siap menghadapi generasi digital. Makalah ini menyampaikan hal yang perlu dilakukan oleh perpustakaan dalam dalam mengelola perpustakaan dengan berbasis pada konsep learning commons sehingga harapannya perpustakaaan akan tetap dimanfaatkan secara maksimal.


Export Record


Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: ISBN: 978-602-14386-1-9
Uncontrolled Keywords: learning commons, pengelolaan perpustakaan, generasi digital
Dewey Decimal Classification: 000 – Computer science, information & general works > 020 Library & information sciences
Divisions: Perpustakaan > Prosiding/Call for Papers
Depositing User: Deasy Kumalawati
Date Deposited: 26 Nov 2014 14:19
Last Modified: 18 Jun 2019 15:49
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/801

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item