TA : Analisis Kesuksesan Aplikasi Starbucks Indonesia Berdasarkan Persepsi Pengguna dengan Menggunakan Metode Delone and McLean

Pamungkas, M.Dimas Aditya (2025) TA : Analisis Kesuksesan Aplikasi Starbucks Indonesia Berdasarkan Persepsi Pengguna dengan Menggunakan Metode Delone and McLean. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img] Text
18410100010-2025-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
[img] Text
18410100010-2025-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Search this title on : |

Abstract

Starbucks Indonesia merupakan sebuah aplikasi yang bergerak dalam bidang jasa pelayanan. Permasalahannya adalah adanya kegagalan transaksi tidak bisa kirim uang ke bank lain dan saldo berkurang tanpa adanya riwayat pembelian. Oleh sebab itu diperlukan evaluasi terhadap aplikasi Starbucks Indonesia, sehingga ditawarkan analisis kesuksesan untuk mengetahui tingkat kesuksesan dari aplikasi Starbucks Indonesia dengan metode Delone & Mclean. Metode ini digunakan karena memiliki enam variabel yaitu kualitas sistem (system quality), kualitas informasi (information quality), kualitas layanan (service quality), penggunaan (use), kepuasan pengguna (user satisfaction), dan manfaat bersih (net benefit). Hasil dari penelitian menggunakan sampel sebanyak 105 responden pelanggan Starbucks dengan metode Delone dan Mclean diperoleh bahwa Variabel kualitas sistem tidak berpengaruh terhadap variabel penggunaan dan variabel kepuasan pengguna. Variabel kualitas informasi berpengaruh terhadap variabel penggunaan sebesar 41,2% dan variabel kepuasan pengguna sebesar 36,2%, variabel kualitas layanan berpengaruh terhadap variabel penggunaan sebesar 37,6% tetapi tidak berpengaruh terhadap variabel kepuasan pengguna. Variabel penggunaan berpengaruh terhadap variabel kepuasan pengguna sebesar 30,3%. Variabel penggunaan berpengaruh terhadap variabel manfaat bersih sebesar 40,4%, dan variabel kepuasan pengguna berpengaruh terhadap variabel manfaat bersih sebesar 43,4%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa agar aplikasi Starbucks Indonesia menjadi sukses sebaiknya variabel kualitas informasi ditingkatkan karena berpengaruh terhadap penggunaan dan kepuasan pengguna, variabel penggunaan berpengaruh terhadap variabel kepuasan pengguna, variabel penggunaan dan kepuasan pengguna memiliki pengaruh terhadap manfaat bersih. Temuan ini dapat digunakan oleh pengembang aplikasi untuk memperbaiki informasi dan meningkatkan pengalaman pengguna guna meningkatkan daya saing di pasar perkopian.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: M.Dimas Aditya Pamungkas (18410100010)
Uncontrolled Keywords: DeLone dan McLean, Aplikasi Starbucks Indonesia, Model Kesuksesan, Aplikasi SmartPLS
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: M. Dimas Aditya Pamungkas
Date Deposited: 19 Mar 2025 13:44
Last Modified: 19 Mar 2025 13:44
THESIS ADVISORS: 1. Ayouvi Poerna Wardhanie, S.M.B., M.M. (NIDN : 0721068904)
2. Sulistiowati, S.Si., M.M. (NIDN : 0719016801)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/8031

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item