TA : Penerapan Gamifikasi pada Aplikasi Pencucian Mobil Kenzou Drive Thru Car Wash

Winata, Erick (2025) TA : Penerapan Gamifikasi pada Aplikasi Pencucian Mobil Kenzou Drive Thru Car Wash. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img] Text
20410100005-2025-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
[img] Text
20410100005-2025-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Search this title on : |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan gamifikasi pada aplikasi pencucian mobil Kenzou Drive Thru Car Wash menggunakan Progressive Web App (PWA) guna mengatasi hambatan dalam mengakses laporan penjualan, meningkatkan aksesibilitas aplikasi, dan mengetahui preferensi pelanggan. Berdasarkan rumusan masalah yang diajukan, yaitu bagaimana menerapkan gamifikasi dengan PWA, penelitian ini berhasil menggantikan sistem lama dengan fitur modern dan responsif seperti dashboard interaktif, laporan penjualan terstruktur, serta analisis preferensi pelanggan melalui elemen gamifikasi. Penerapan PWA memungkinkan aplikasi diakses secara fleksibel pada berbagai perangkat, termasuk smartphone, sehingga meningkatkan aksesibilitas bagi admin dan pelanggan. Selain itu, elemen gamifikasi seperti badge, leaderboard, voucher, reward, dan challenge berhasil meningkatkan motivasi serta engagement pelanggan dalam menggunakan layanan. Pengujian User Acceptance Testing (UAT) yang dilakukan kepada pelanggan, admin, dan kasir menunjukkan tingkat penerimaan yang sangat tinggi sebesar 98,7%, membuktikan bahwa aplikasi telah diterima dengan baik oleh semua pihak. Dengan demikian, penelitian ini berhasil mencapai tujuan utamanya, yaitu mengoptimalkan operasional harian admin, meningkatkan keterlibatan pelanggan melalui gamifikasi, dan menyediakan solusi teknologi yang mudah diakses serta efisien bagi semua pengguna.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Erick Winata (20410100005)
Uncontrolled Keywords: Dashboard, Laporan Penjualan, Progressive Web App, Gamifikasi
Dewey Decimal Classification: 000 – Computer science, information & general works > 000 Computer science, knowledge & systems > 006 Special computer methods
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Erick Winata
Date Deposited: 24 Mar 2025 08:01
Last Modified: 24 Mar 2025 08:01
THESIS ADVISORS: 1. Ayuningtyas, S.Kom., M.MT. (NIDN : 0722047801)
2. Ayouvi Poerna Wardhanie, S.M.B., M.M. (NIDN : 0721068904)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/8047

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item