Wijaya, Rizaldy Pasya (2025) TA : Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Menggunakan Metode Gamification pada UMKM Salsabillah Hijab. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.
![]() |
Text
17410100017-2025-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
![]() |
Text
17410100017-2025-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (540kB) |
Search this title on :
|
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi penjualan berbasis gamifikasi yang ditujukan untuk meningkatkan kinerja dan daya tarik UMKM Salsabillah Hijab. Dalam menghadapi persaingan ketat di pasar ritel, UMKM sering kali mengalami kesulitan dalam mempertahankan loyalitas pelanggan serta meningkatkan penjualan. Gamification, yang mengintegrasikan elemen permainan dalam konteks non-permainan, diharapkan dapat menjadi solusi inovatif untuk masalah ini. Metode penelitian yang digunakan mencakup studi literatur, analisis kebutuhan, desain aplikasi, dan evaluasi. Studi literatur dilakukan untuk memahami konsep gamification dan penerapannya dalam e-commerce. Analisis kebutuhan dilakukan melalui wawancara dan survei dengan pemilik UMKM, sementara desain aplikasi mengikuti prinsip-prinsip gamifikasi, seperti sistem point, badge, reward, challange, dan leaderboard, untuk meningkatkan interaksi serta keterlibatan pengguna. Hasil penelitian ini adalah sebuah aplikasi penjualan yang tidak hanya memfasilitasi transaksi tetapi juga memotivasi pengguna melalui mekanisme permainan yang menyenangkan. Fitur-fitur seperti penghargaan, leaderboard, dan misi khusus dikembangkan untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan dan mendorong pembelian berulang. Uji coba aplikasi menunjukkan bahwa gamifikasi dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan dan berpotensi meningkatkan penjualan. Penelitian ini memberikan kontribusi kepada pengembang aplikasi penjualan untuk UMKM dengan menerapkan metode gamification yang inovatif serta menawarkan wawasan praktis bagi pengusaha kecil dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan daya saing dan pertumbuhan bisnis.
Export Record
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Rizaldy Pasya Wijaya (17410100017) |
Uncontrolled Keywords: | Gamification, Aplikasi Penjualan, UMKM, Salsabillah Hijab. |
Dewey Decimal Classification: | 000 – Computer science, information & general works > 000 Computer science, knowledge & systems > 006 Special computer methods |
Divisions: | Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi |
Depositing User: | Rizaldy Pasya Wijaya |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 12:36 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 12:36 |
THESIS ADVISORS: |
1. Agus Dwi Churniawan, S.Si., M.Kom. (NIDN : 0723088002)
2. Ir. Henry Bambang Setyawan, M.M. (NIDN : 8973650022) |
URI: | http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/8048 |
Download Statistics
Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Actions (login required)
![]() |
View Item |