Andriansyah, Prasta (2025) TA : Perancangan UI/UX Prototype Aplikasi Pemesanan Dine-in dan Menu pada Restoran Ayam Geprek Nglampang Menggunakan Metode Lean UX. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.
![]() |
Text
16410100083-2025-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version Download (2MB) |
![]() |
Text
16410100083-2025-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (842kB) |
Search this title on :
|
Abstract
Pengalaman pengguna (User Experience/UX) yang optimal menjadi elemen penting dalam mendukung layanan digital, termasuk pada restoran. Restoran Ayam Geprek Nglampang saat ini belum memiliki website maupun aplikasi pemesanan mandiri namun telah bekerja sama dengan platform pemesanan online seperti GoFood, GrabFood, dan Shopeefood. Selain itu restoran Ayam Geprek Nglampang juga menyediakan layanan pemesanan melalui situs https://linkfly.to/50314sFAgEg yang memiliki kekurangan yaitu pembeli harus memiliki akun WhatsApp agar dapat terhubung dengan akun bisnis restoran. Pembeli juga tidak dapat melihat meja dan menu yang tersedia sehingga membuat proses pemesanan menjadi lebih lama. Oleh sebab itu penelitian ini merancang UI/UX prototype aplikasi pemesanan dine-in dan menu pada Restoran Ayam Geprek Nglampang menggunakan metode Lean UX. Metode ini diterapkan melalui tahapan perencanaan, penelitian, desain, dan validasi secara iteratif untuk memastikan desain memenuhi kebutuhan pengguna. Evaluasi dilakukan dengan usability testing menggunakan lima parameter: learnability, efficiency, memorability, error, dan satisfaction. Hasil penelitian berupa perancangan desain aplikasi yaitu pemesanan user dengan menu pendaftaran, menu login, menu pemesanan dine-in, menu pemesanan take away, menu admin, menu tambah makanan, menu tambah minuman, menu tambah meja, menu daftar pesanan, dan menu detail pesanan. Sedangkan hasil pengujian dengan usability testing menunjukkan skor learnability sebesar 94%, efficiency 83,3%, memorability 82,5%, error 66,7%, dan satisfaction 81,7%. Nilai-nilai ini menunjukkan bahwa aplikasi sudah cukup baik dari segi kemudahan belajar, efisiensi, dan kepuasan pengguna, meskipun masih perlu peningkatan untuk mengurangi tingkat kesalahan pengguna. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengembangan lebih lanjut untuk mengoptimalkan aplikasi dalam mendukung operasional restoran.
Export Record
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Prasta Andriansyah (16410100083) |
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Pemesanan Restoran, Lean UX, Usability Testing |
Dewey Decimal Classification: | 000 – Computer science, information & general works > 000 Computer science, knowledge & systems > 006 Special computer methods |
Divisions: | Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi |
Depositing User: | Prasta Andriansyah |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 09:21 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 09:21 |
THESIS ADVISORS: |
1. Sri Hariani Eko Wulandari, S.Kom., M.MT. (NIDN : 0726017801)
2. Endra Rahmawati, M.Kom. (NIDN : 0712108701) |
URI: | http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/8066 |
Download Statistics
Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Actions (login required)
![]() |
View Item |