Ghozali, Muhamad Luthfi (2025) TA : Analisis Kesuksesan Aplikasi Undawn Garena Berdasarkan Kepuasan Pengguna Menggunakan Model Delone And Mclean. Undergraduate thesis, Univesitas Dinamika.
|
Text
17410100103-2025-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
|
|
Text
17410100103-2025-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Search this title on :
|
Abstract
Undawn Garena adalah sebuah game bertahan hidup yang dikembangkan oleh Tencent Games, Lightspeed & Quantum Studios, dan dipublikasikan oleh Garena di wilayah Asia Tenggara. Meskipun telah diunduh lebih dari 5 juta kali, Undawn Garena menghadapi tantangan dalam mempertahankan daya saingnya dengan rating rata-rata 3,6 di Google Play Store dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa aplikasi dengan rating dibawah 4,0 pada Google Play Store cenderung kehilangan daya saing. Dikarenakan rating yang rendah dapat mengurangi peminat pengguna baru dan meningkatkan rasio uninstall . Sehingga pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kesuksesan aplikasi Undawn Garena berdasarkan kepuasan pengguna menggunakan Model DeLone dan McLean. Model ini mencakup variabel kualitas sistem (System Quality), kualitas informasi (Information Quality), kualitas layanan (Service Quality), penggunaan (Use), kepuasan pengguna (User Satisfaction), dan manfaat bersih (Net Benefit). Data dikumpulkan melalui kuesioner berbasis skala Likert yang disebarkan kepada 120 pengguna Undawn Garena berusia 17 tahun ke atas. Analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS. Pada penelitian ini memberikan hasil yang menunjukkan bahwa Kualitas Sistem berpengaruh Signifikan terhadap Kepuasan Pengguna 30.6%, Kualitas Informasi berpengaruh Signifikan terhadap Penggunaan 37.8%, Kualitas Informasi berpengaruh Signifikan terhadap Kepuasan Pengguna 44.3%, Kualitas Layanan berpengaruh Signifikan terhadap Penggunaan 30.5%, Penggunaan berpengaruh Signifikan terhadap Manfaat Bersih 45.3%, dan Kepuasan Pengguna berpengaruh Signifikan terhadap Manfaat Bersih 52.2%. Berdasarkan temuan ini, penelitian menyarankan pengembang Undawn Garena untuk fokus pada peningkatan kualitas informasi dan layanan guna meningkatkan kepuasan pengguna dan daya saing aplikasi di pasar yang kompetitif. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami faktor-faktor yang memengaruhi kesuksesan aplikasi game berbasis model DeLone dan McLean.
Export Record
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | Muhamad Luthfi Ghozali (17410100103) |
| Uncontrolled Keywords: | DeLone dan McLean, Undawn Garena, Kepuasan Pengguna, Model Kesuksesan Aplikasi, SmartPLS |
| Dewey Decimal Classification: | 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management |
| Divisions: | Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi |
| Depositing User: | Muhamad Luthfi Ghozali |
| Date Deposited: | 17 Apr 2025 09:31 |
| Last Modified: | 17 Apr 2025 09:31 |
| THESIS ADVISORS: |
1. Dr. Bambang Hariadi, M.Pd. (NIDN : 0719106401)
2. Vivine Nurcahyawati, M.Kom. (NIDN : 0723018101) |
| URI: | http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/8067 |
Download Statistics
Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Actions (login required)
![]() |
View Item |

Altmetric
Altmetric