TA : Perancangan Game Visual Novel sebagai Media Edukasi untuk Menjaga Kestabilan Mental Remaja

Andika, Jennifer Lauwrance (2025) TA : Perancangan Game Visual Novel sebagai Media Edukasi untuk Menjaga Kestabilan Mental Remaja. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img] Text
21420100008-2025-UNIVERSITASDINAMIKA-POSTER.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
[img] Text
21420100008-2025-UNIVERSITASDINAMIKA-KATALOG.pdf - Accepted Version

Download (4MB)
[img] Text
21420100008-2025-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)

Search this title on : |

Abstract

Remaja merupakan fase krusial dalam perkembangan emosional, sosial, dan psikologis. Berbagai tekanan seperti tuntutan akademik, hubungan sosial, serta pencarian identitas diri membuat remaja rentan mengalami stres dan kecemasan yang dapat memengaruhi kestabilan mental mereka. Di era digital saat ini, sebanyak 52,9% remaja mengaku bermain game sebagai cara untuk meredakan tekanan, menunjukkan potensi game sebagai media alternatif untuk menjaga kesehatan mental. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah game visual novel sebagai media edukasi interaktif yang dapat membantu remaja dalam menjaga kestabilan mental mereka. Visual novel dipilih karena mampu menghadirkan cerita dengan alur pilihan yang memungkinkan pemain terlibat aktif dalam pengambilan keputusan, serta terbukti layak sebagai media pembelajaran yang menarik. Metode perancangan dilakukan melalui studi literatur, observasi, dan wawancara dengan remaja sebagai target pengguna. Proses desain mencakup penentuan konsep cerita, penulisan naskah naratif, perancangan UI/UX, hingga penyusunan prototipe game. Melalui pendekatan interaktif yang menggabungkan alur cerita dan respons emosional, game ini diharapkan dapat menjadi sarana yang menyenangkan sekaligus edukatif dalam membantu remaja memahami, mengelola, dan menjaga kestabilan mental mereka secara lebih efektif.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Jennifer Lauwrance Andika (21420100008)
Uncontrolled Keywords: Remaja, Kesehatan Mental, Game Visual Novel, Media Edukasi
Dewey Decimal Classification: 700 – Arts & recreation > 740 Drawing & decorative arts > 741 Drawing & drawings
Divisions: Fakultas Desain dan Industri Kreatif > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Jennifer Lauwrance Andika
Date Deposited: 05 Aug 2025 16:04
Last Modified: 05 Aug 2025 16:04
THESIS ADVISORS: 1. Siswo Martono, S.Kom., M.M. (NIDN : 0726027101)
2. Setya Putri Erdiana, S.T., M.Ds. (NIDN : 0721099105)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/8166

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item