Fakhruddin, Muhammad Annafi (2025) TA : Implementasi Metode Key Performance Indicator pada Aplikasi Penilaian Karyawan Berbasis Web di PT Sentra Vidya Utama. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.
|
Text
20410100016-2025-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version Download (3MB) |
|
|
Text
20410100016-2025-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Search this title on :
|
Abstract
Penilaian kinerja karyawan merupakan elemen penting dalam manajemen sumber daya manusia karena berperan dalam meningkatkan kualitas dan produktivitas kerja. PT Sentra Vidya Utama (SEVIMA) menghadapi berbagai kendala dalam proses penilaian kinerja divisi Customer Officer. Penilaian masih dilakukan secara manual menggunakan Excel, yang rentan terhadap human error, kehilangan data, membutuhkan waktu yang lama dalam proses rekapitulasi. Ketiadaan indikator yang jelas, terukur, dan transparan menjadikan proses penilaian bersifat subjektif dan sulit dipertanggungjawabkan. Karyawan tidak memiliki akses terhadap dasar penilaian, sehingga menurunkan tingkat keterlibatan dalam proses evaluasi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini mengembangkan aplikasi penilaian kinerja karyawan berbasis web dengan metode Key Performance Indicator (KPI). Sistem dikembangkan menggunakan model System Development Life Cycle (SDLC) Waterfall, yang terdiri dari tahapan analisis, desain, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Aplikasi ini mengusung empat indikator utama, yaitu Responsibility, Openness, Trustfulness, dan Integrity, yang dirancang untuk menciptakan penilaian yang objektif dan akuntabel. Sistem juga dilengkapi dengan fitur transparansi, di mana seluruh peran pengguna seperti Human Capital (HC), Leader, dan Karyawan dapat mengakses indikator dan skor penilaian secara real-time. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi berfungsi sesuai dengan kebutuhan. Uji Black Box terhadap 18 skenario berhasil mencapai tingkat keberhasilan 100%. Selain itu, Uji User Acceptance Testing (UAT) yang melibatkan 7 responden dari berbagai peran menghasilkan nilai rata-rata 4,59 dari skala 5 (91,8%), yang termasuk dalam kategori Sangat Baik. Aplikasi ini memberikan solusi yang terukur, cepat, dan transparan dalam penilaian kinerja, serta mampu meningkatkan akuntabilitas dan keterlibatan seluruh pihak dalam proses pengembangan SDM.
Export Record
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | Muhammad Annafi Fakhruddin (20410100016) |
| Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Web, Customer Officer, Key Performance Indicator, Laravel, Penilaian Kinerja, SDLC Waterfall, User Acceptance Testing |
| Dewey Decimal Classification: | 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management |
| Divisions: | Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi |
| Depositing User: | Muhammad Annafi Fakhruddin |
| Date Deposited: | 25 Aug 2025 15:22 |
| Last Modified: | 25 Aug 2025 15:22 |
| THESIS ADVISORS: |
1. Julianto Lemantara, S.Kom., M.Eng. (NIDN : 0722108601)
2. Endra Rahmawati, M.Kom. (NIDN : 0712108701) |
| URI: | http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/8246 |
Download Statistics
Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Actions (login required)
![]() |
View Item |

Altmetric
Altmetric