TA : Redesign UI/UX Website DH Store dengan Menggunakan Metode Design Thinking untuk Memperbaiki Indikator Errors dan Meningkatkan Satisfaction

Arbani, Rendy Juliand (2025) TA : Redesign UI/UX Website DH Store dengan Menggunakan Metode Design Thinking untuk Memperbaiki Indikator Errors dan Meningkatkan Satisfaction. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img] Text
19410100029-2025-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
19410100029-2025-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Search this title on : |

Abstract

Website Dh store sebagai platform penjualan produk elektronik dinilai belum optimal dalam memberikan pengalaman pengguna yang baik, dengan ditunjukkan pada desain lama terlihat dari rendahnya skor usability testing berdasarkan hasil kuesioner dengan 30 responden, pada indikator Errors mendapatkan skor 2,33 dan Satisfaction 2,40. Hal ini menandakan bahwa masih diperlukan perbaikian pada indikator Errors dan Satisfaction, karena jika dibulatkan skor Usability Testing belum mencapai nilai 3 atau kategori netral. Pada penelitian ini bertujuan untuk melakukan Redesign antarmuka dan memberikan pengalaman pengguna UI UX website Dh store dengan pendekatan Design Thinking guna memperbaiki kesalahan (Errors) dan meningkatkan kepuasan pengguna. Penelitian ini mengikuti lima tahapan Design Thinking, dimulai dari Emphatize melalui wawancara dan kuesioner User persona untuk memahami kebutuhan pengguna dengan karakteristik pengguna berusia 28-34 tahun. Tahap Define merumuskan masalah serta eksplorasi solusi dengan metode How Might We. Pada tahap Ideate menghasilkan alternatif solusi berdasarkan permasalah yang telah dirumuskan. Proes ini dilakukan menggunakan metode Crazy 8 dengan membuat 8 sketsa berbeda yang mencakup 7 halaman desain, dengan masing-masing halaman memiliki sketsa terfavorit berdasarkan hasil voting. Hasil voting tersebut kemudian digunakan sebagai dasar untuk pembuatan Wireframe Wireflow. Selanjutnya, dilakukan A/B Testing untuk mengetahui prefensi pengguna terhadap desain yang dibuat yang menunjukkan bahwa sketsa A lebih disukai pengguna untuk sebagian besar halaman, seperti Beranda, Kategori produk, Layanan, Tentang Kami, dan Detail Produk Pesanan, dengan presentase pemilih di atas 58%. Sementara itu, sketsa B lebih unggul pada halaman masuk dan keranjang. Berdasarkan temuan tersebut, menjadi desain final yang selanjutnya dirancang dalam bentuk High Fidelity Prototype menggunakan Figma. Terakhir Test dilakukan melalui Usability Testing berbasis Task Skenario dan Opinion Scale menggunakan platform Maze dengan 31 responden. Hasil pengujian menunjukkan adanya perbaikan skor pada dua indikator. Skor Errors diawal 2,33 menjadi 3,8 menandakan berkurangnya hambatan atau kendala saat pengguna berinteraksi. Sementara itu, skor Satisfaction diawal 2,4 menjadi 4,1 yang mencerminkan kepuasan pengguna terhadap keseluruhan desain yang baru. Temuan ini membuktikan bahwa pendekatan Design Thinking dengan evaluasi menggunakan Usability Testing menghasilkan Prototype yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dan meningkatkan pengalaman pengguna


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Rendy Juliand Arbani (19410100029)
Uncontrolled Keywords: redesign, design thinking, usability testing
Dewey Decimal Classification: 000 – Computer science, information & general works > 000 Computer science, knowledge & systems > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Rendy Juliand Arbani
Date Deposited: 27 Aug 2025 10:04
Last Modified: 27 Aug 2025 10:04
THESIS ADVISORS: 1. Pantjawati Sudarmaningtyas, S.kom., M.Eng. (NIDN : 0712066801)
2. I Gusti Ngurah Alit Widana Putra, S.T., M.Eng. (NIDN : 0805058602)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/8250

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item