TA : Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bahasa Mandarin untuk Tingkat Pemula dengan Sistem Fonetik Hanyu Pinyin

Alimsyah, Indira (2004) TA : Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bahasa Mandarin untuk Tingkat Pemula dengan Sistem Fonetik Hanyu Pinyin. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img] Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (175kB)
[img] Text
DAFTAR_ISI.pdf - Accepted Version

Download (132kB)
[img] Text
BAB_I.pdf - Accepted Version

Download (133kB)
[img] Text
BAB_II.pdf - Accepted Version

Download (495kB)
[img] Text
BAB_III.pdf - Accepted Version

Download (198kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB_V.pdf - Accepted Version

Download (122kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (122kB)

Search this title on : |

Abstract

Seperti diketahui, saat ini penanaman modal asing di Indonesia oleh negara-negara maju di Asia berkembang semakin pesat dan hal ini menjadikan Bahasa Mandarin sebagai bahasa asing menempati posisi kedua setelah Bahasa Inggris dalam sebagian besar kepentingan bisnis di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya lapangan pekerjaan yang membutuhkan karyawan dengan spesifikasi kemampuan berbahasa Mandarin serta menjamurnya lembaga kursus Bahasa Mandarin. Di satu sisi, hal ini membawa dampak positif bagi sebagian kecil lapisan masyarakat yang dapat memanfaatkan berdirinya lembaga tersebut. Tapi bagi sebagian besar masyarakat, berdirinya lembaga tersebut tidak membawa manfaat apapun dikarenakan mahalnya biaya kursus. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dirancanglah suatu aplikasi pembelajaran Bahasa Mandarin yang interaktif. Aplikasi Pembelajaran Bahasa Mandarin ini merupakan aplikasi pembelajaran interaktif yang ditujukan untuk pembelajar tingkat pemula. Dalam aplikasi pembelajaran ini, metode yang digunakan adalah Hanyu Pinyin. Aplikasi ini dibagi menjadi dua bagian. Aplikasi pertama merupakan aplikasi pembelajaran yang terdiri dari 4(empat) menu yaitu pelafalan, penulisan, kosakata dan evaluasi. Masing-masing menu menawarkan langkah pembelajaran interaktif. Aplikasi kedua adalah aplikasi insert yang berisi tentang proses input data yang selalu ter-update pada aplikasi pembelajaran. Setelah aplikasi terancang dengan baik, maka akan di uji cobakan melalui angket agar diperoleh hasil prosentase penilaian dari responden tentang aplikasi yang telah dirancang. Sedangkan untuk menguji efektifitas dari aplikasi, dilakukan tes analisis perbandingan, yaitu tes yang dilakukan terhadap 2(dua) kelompok sampel yang berbeda, yaitu (1) sampel yang belajar bahasa Mandarin secara konvensional dan (2) sampel yang belajar bahasa Mandarin dengan menggunakan aplikasi. Hasil tes dari sampel kemudian dianalisis melalui SPSS 10.0 untuk diketahui tingkat efektifitasnya. Kesimpulan secara umum yang didapat adalah bahwa dengan adanya beragam kemudahan akan sangat membantu pebelajar, sehingga pembelajaran bersifat efektif dan menarik, dan fasilitas yang lebih baik lagi dalam aplikasi pembelajaran Bahasa Mandarin ini akan dapat memberikan tingkat efektifitas pembelajaran yang jauh lebih baik dibandingkan dengan hasil pembelajaran secara konvensional. Saran pengembangan yang didapatkan dari penelitian Tugas Akhir ini adalah jika aplikasi ini diterapkan, sebaiknya diadakan pelatihan komputer karena tidak semua user mengerti akan komputer, dan akan lebih baik jika aplikasi ini dibuat dalam bentuk VCD, sehingga memungkinkan pebelajar yang tidak memiliki dan menguasai komputer.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Indira Alimsyah (00410100040)
Uncontrolled Keywords: Bahasa mandari
Dewey Decimal Classification: 400 – Language > 490 Other languages
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Agung P. W.
Date Deposited: 04 May 2016 09:05
Last Modified: 03 Jun 2020 15:45
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/1454

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item