TA : Pembuatan Game Bergenre Casual Bertema Gasing Tradisional Dengan Memanfaatkan Fitur Gyroscope Pada Smartphone

Utama, Dimas Adi Wira (2016) TA : Pembuatan Game Bergenre Casual Bertema Gasing Tradisional Dengan Memanfaatkan Fitur Gyroscope Pada Smartphone. Undergraduate thesis, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya.

[img] Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (134kB)
[img] Text
DAFTAR_ISI.pdf - Accepted Version

Download (130kB)
[img] Text
BAB_I.pdf - Accepted Version

Download (276kB)
[img] Text
BAB_II.pdf - Accepted Version

Download (212kB)
[img] Text
BAB_III.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB_IV.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
[img] Text
BAB_V.pdf - Accepted Version

Download (124kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (196kB)

Search this title on : |

Abstract

Tujuan yang dicapai dalam Tugas Akhir ini adalah membuat game bergenre casual bertema gasing tradisional dengan memanfaatkan fitur gyroscope pada smartphone. Hal ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengetahuan masyarakat perkotaan khususnya anak-anak tentang gasing tradisional. Padahal gasing tradisional adalah salah satu budaya Indonesia yang harus dilestarikan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metodologi kualitatif. Pengumpulan data melalui pustaka, wawancara dan observasi. Pengumpulan data meliputi game, casual game, gasing tradisional dan gyroscope pada smartphone. Keyword setiap data dari dianalisa. Keyword yang memiliki kesaamaan diantara metode pustaka, wawancara dan observasi digunakan sebagai acuan pencarian keyword. Berbagai keyword yang didapat dari analisa data disimpulkan menjadi satu keyword yang menjadi kunci pembuatan karya. Keyword yang didapat adalah kata smart. Gameplay dari game ini menggunakan gameplay battle. Gameplay Battle digunakan untuk menyerupai permainan adu gasing yang sesungguhnya. Gasing bertarung di suatu arena. Kontrol gasing memanfaatkan fitur gyrocope pada smarphone dengan memiringkan smartphone untuk menentukan arah dan menekan layar untuk bergerak. Gasing yang bertahan paling akhir menjadi pemenangnya. Dalam menu pemilihan player terdapat informasi tentang gasing tradisional. Gasing yang digunakan dalam game ini adalah Gasing Jogja, Lamongan, Batam, Bali, Lombok dan Tanjung Pinang. Game ini memiliki batas kesempatan bermain. Kesempatan bermain berkurang setiap pemain bermain satu level. Kesempatan bermain yang akan terisi kembali setiap satu jam. Kesempatan bermain maksimal terisi 5 poin. Dalam pembuatan game bergenre casual bertema gasing tradisional dengan memanfaatkan fitur gyroscope pada smartphone dapat memberikan informasi tentang gasing tradisional kepada pemain dengan cara yang menyenagkan. Game Genre casual yang digunakan juga dapat mengurangi dampak negatif dari game namun tidak mengurangi sisi positif bermain game karena gameplay sederhana, mudah dipahami dan terdapat batasan kesempatan bermain. Dengan dibuatnya game ini diharapkan dapat menciptakan suatu media yang dapat memberikan informasi tentang gasing tradisioal dengan cara yang menyenangkan. Sehingga gasing tradisional lebih dikenal oleh masyarakat.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dimas Adi Wira Utama (11510160031)
Uncontrolled Keywords: Casual Game, Gasing tradisional, Gyrocope dan Battle
Dewey Decimal Classification: 700 – Arts & recreation > 790 Sports, games & entertainment
Divisions: Fakultas Desain dan Industri Kreatif > D4 Produksi Film dan Televisi
Depositing User: Agung P. W.
Date Deposited: 28 Nov 2016 08:19
Last Modified: 28 Nov 2016 08:19
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/1688

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item