TA : Pembuatan Game Edukasi Tentang Matematika Dasar Untuk Anak SD Kelas 1 Berbasis Flash

Arman, Reynaldi (2016) TA : Pembuatan Game Edukasi Tentang Matematika Dasar Untuk Anak SD Kelas 1 Berbasis Flash. Undergraduate thesis, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya.

[img] Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR_ISI.pdf - Accepted Version

Download (203kB)
[img] Text
BAB_I.pdf - Accepted Version

Download (231kB)
[img] Text
BAB_II.pdf - Accepted Version

Download (327kB)
[img] Text
BAB_III.pdf - Accepted Version

Download (920kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf - Accepted Version

Download (685kB)
[img] Text
BAB_V.pdf - Accepted Version

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (184kB)

Search this title on : |

Abstract

Tugas yang ingin dicapai dalam tugas akhir ini adalah untuk menghasilkan game edukasi tentang Matematika dasar untuk anak SD dikarenakan ketika guru mengajar di sekolah selalu menggunakan media textbook (buku teks), dan melakukan penjelasan secara lisan atau lewat papan tulisan. Kegiatan mengajar tersebut sudah jamak dilakukan alias konvensional (biasa) dan terkesan kaku dan membosankan, maka dibuat game berjudul “MIKA” sebagai media pembelajaran anak kelas 1 SD tentang matematika dasar. Berdasarkan latar belakang di atas, dapat dirumuskan sebagai berikut: Bagaimana membuat sebuah game edukasi yang menarik untuk murid kelas 1 SD? Kemudian Bagaimana cara membuat game edukasi kelas 1 SD dengan menggunakan flash? Dan Bagaimana menyajikan metode edukasi dalam game tersebut ?. Untuk pembahasannya akan lebih terfokus pada batasan-batasan masalah yang akan dibahas. Berikut adalah batasan masalah yang akan dibahas: Pembuatan game edukasi untuk anak kelas 1 SD berbasis flash, kemudian Genre Game yang digunakan dalam game edukasi adalah Puzzle Game lalu game tersebut di tujukan untuk anak kelas 1 SD dengan menggunakan materi pembelajaran mata pelajaran matematika dasar kelas 1 SD. Selanjutnya sebagai analisa data penelitian yang dipakai adalah penelitian kualitatif, mulai dari wawancara, observasi, studi pustaka. Harapannya dalam Tugas Akhir ini adalah melakukan perbaikan untuk desain dalam permainan yang telah ada. Perlu dilakukan pengembangan dan penelitan yang lebih lanjut agar game ini sangat berguna bagi anak kelas 1 SD. Perlunya perbaikan dalam desain–desain angka berupa benda-benda tentang matematika dasar agar anak lebih mudah memahami.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Reynaldi Arman (09510160054)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Game, Edukasi, Matematika, Platform, Puzzle Game
Dewey Decimal Classification: 700 – Arts & recreation > 790 Sports, games & entertainment
Divisions: Fakultas Desain dan Industri Kreatif > D4 Produksi Film dan Televisi
Depositing User: Agung P. W.
Date Deposited: 07 Dec 2016 09:24
Last Modified: 07 Dec 2016 09:24
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/1711

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item