TA: Implementasi Metode Alpha-beta Pruning pada Permainan Tic Tac Toe dengan Visualisasi Simple Directmedia Layer

Christianto, Edo Dwi (2017) TA: Implementasi Metode Alpha-beta Pruning pada Permainan Tic Tac Toe dengan Visualisasi Simple Directmedia Layer. Undergraduate thesis, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf - Accepted Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf - Accepted Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf - Accepted Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab_I.pdf - Accepted Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab_II.pdf - Accepted Version

Download (798kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab_III.pdf - Accepted Version

Download (775kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab_IV.pdf - Accepted Version

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab_V.pdf - Accepted Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf - Accepted Version

Download (180kB) | Preview

Abstract

Permainan Tic Tac Toe adalah permainan sederhana antara dua pemain yang secara bergiliran menandai ruang dalam kotak berukuran 3 x 3. Pemain yang pertama berhasil menandai tiga kotak berurutan secara horisontal, vertikal, maupun diagonal akan memenangkan permainan. Kecerdasan buatan pun telah banyak dikembangkan untuk permainan ini seperti Minimax, Negamax, Negascout, Alpha-Beta Pruning, dan lain sebagainya. Pada pengerjaan Tugas Akhir ini, implementasi metode Alpha-Beta Pruning dilakukan untuk memberi kecerdasan kepada komputer sebagai lawan main. Alpha-Beta Pruning merupakan penyempurnaan dari algoritma Minimax. Alpha-Beta Pruning akan mengefisienkan pencarian pada Minimax. Pustaka SDL (Simple DirectMedia Layer) digunakan sebagai antarmuka aplikasi. Berdasarkan hasil implementasi yang telah dilakukan didapatkan bahwa untuk manusia melangkah pertama dan tingkat kesulitan easy, persentasi kemenangan pemain manusia sebesar 100%, untuk tingkat kesulitan medium sebesar 30%, dan untuk tingkat kesulitan hard sebesar 0%. Untuk komputer melangkah pertama dan tingkat kesulitan easy, persentasi kemenangan pemain manusia sebesar 100%, untuk tingkat kesulitan medium sebesar 0% dan untuk tingkat kesulitan hard sebesar 0%.


Export Record



Statistic

IRStats Detail StatisticView more statistics

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Edo Dwi Christianto (13410200039)
Uncontrolled Keywords: Tic Tac Toe, Artificial Intelligence, Alpha-Beta Pruning, Simple DirectMedia Layer
Dewey Decimal Classification: 700 - Arts & recreation > 790 Sports, games & entertainment > 793 Indoor games & amusements
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Teknik Komputer
Depositing User: Annuh Liwan Nahar
Date Deposited: 24 Aug 2017 08:44
Last Modified: 22 Apr 2020 14:02
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/2315

Actions (login required)

View Item View Item