TA : Perancangan Buku Komik Permainan Tradisional dengan Teknik Digital Painting untuk Anak Usia 6-12 Tahun Sebagai Upaya Pelestarian Budaya

Darmawan, Sigit Dwiki (2017) TA : Perancangan Buku Komik Permainan Tradisional dengan Teknik Digital Painting untuk Anak Usia 6-12 Tahun Sebagai Upaya Pelestarian Budaya. Undergraduate thesis, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR-ISI.pdf - Accepted Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf - Accepted Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf - Accepted Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf - Accepted Version

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_IV.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf - Accepted Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (147kB) | Preview

Abstract

Permainan tradisional, merupakan permainan yang telah ada sejak jaman dahulu, dan merupakan salah satu dari sekian banyaknya budaya yang ada diindonesia. Permainan tradsional sering sekali dijadikan sebagai aktivitas untuk mengisi waktu luang pada jaman dahulu. Namun, saat ini permainan tradisional sangat jarang ditemui diberbagai tempat, karena penurunan minat anak-anak jaman sekarang terhadap permainan tradisional. Maka dari itu peneliti membuat buku komik yang bertema permainan tradisional, mengingat anak-anak yang masih menyukai media komik pada jaman sekarang. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan dalam mencari hal yang berkaitan dengan permainan tradisional adalah melalui observasi, kuesioner, wawancara, studi literatur, studi kompetitor, dan dokumentasi. Data yang diperoleh akan memiliki peranan yang penting terhadap permasalahan yang timbul pada perancangan buku komik permainan tradisional dengan teknik digital painting untuk anak usia 6-12 tahun sebagai upaya pelestarian budaya, sehingga memerlukan banyak data yang akurat agar hasil yang diperoleh dapat dipertanggungjawabkan. Data ini digunakan untuk mengetahui konsep awal dalam perancangan buku komik permainan tradisional. Hasil dari perancangan buku komik permainan tradisional serta implementasi medianya sudah memuat unsur informatif dan edukatif mengenai permainan tradisional yang diangkat, yakni petak umper dan benteng-bentengan. Berdasarkan konsep keyword yang dipakai yakni delightfull. Sehingga diharapkan dapat menjadi media hiburan sekaligus media pembelajaran yang menyenangkan bagi target audiens, yakni anak-anak usia 6-12 tahun.


Export Record



Statistic

IRStats Detail StatisticView more statistics

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sigit Dwiki Darmawan (13420100038)
Uncontrolled Keywords: Perancangan, Buku komik, Permainan tradisional, Petak umpet, Benteng-bentengan, Delightfull, Digital painting
Dewey Decimal Classification: 700 - Arts & recreation > 790 Sports, games & entertainment > 791 Public performances
Divisions: Fakultas Desain dan Industri Kreatif > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Maria Nugrahayu
Date Deposited: 04 Nov 2017 09:54
Last Modified: 04 Nov 2017 09:54
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/2560

Actions (login required)

View Item View Item