TA : Rancang Bangun Obstacle Avoidance pada Differential Steering Mobile Robot

Wardana, Galih Kusuma (2014) TA : Rancang Bangun Obstacle Avoidance pada Differential Steering Mobile Robot. Undergraduate thesis, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya.

[img]
Preview
Text
08410200082_2014_COVER.pdf - Accepted Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08410200082_2014_DAFTAR-ISI.pdf - Accepted Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08410200082_2014_BAB-I.pdf - Accepted Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08410200082_2014_BAB-II.pdf - Accepted Version

Download (776kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08410200082_2014_BAB-III.pdf - Accepted Version

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08410200082_2014_BAB-IV.pdf - Accepted Version

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08410200082_2014_BAB-V.pdf - Accepted Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08410200082_2014_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (122kB) | Preview

Abstract

Berbagai cara dapat ditempuh untuk menuju suatu lokasi dengan jalur yang panjang ataupun dengan jalur yang pendek. Suatu sistem yang dapat menentukan jalur terbaik yang memiliki sistem navigasi yang baik dan juga sensor - sensor pendukung untuk mendeteksi adanya suatu halangan agar mobile robot tersebut tidak menabrak halangan disekitarnya dan menuju lokasi dengan aman. Penelitian ini menitik beratkan menghindari halangan pada differential steering mobile robot dan menuju titik tujuan, sistem ini menggunakan sebuah robot bergerak (mobile robot) yang dapat mendeteksi adanya suatu halangan di sekitar robot. Mobile robot ini membandingkan jarak antara halangan dengan mobile robot, dan berbelok untuk menghindari halangan dengan jarak tertentu tanpa menabrak suatu halangan. Sistem mobile robot ini adalah sistem pendukung atau sub sistem yang mendukung sistem navigasi. Data - data dari penelitian ini diambil dari artikel - artikel dari internet dan penelitian ini menggunakan metoda analisis studi kepustakaan dari teori - teori dalam buku. Berdasarkan dari data - data yang diambil dari studi pustaka dan artikel - artikel pendukung. Hasil dari penelitian ini adalah sistem penghindar halangan (obstacle avoidance) pada differential steering mobile robot berhasil menghindari halangan tersebut dan mencapai lokasi yang diinginkan tanpa menabrak benda atau halangan yang ada disekitarnya, dengan nilai rata - rata error berotasi untuk berbelok sebesar 6,13% dan rata - rata error sebesar 1,26% dari titik tujuan mobile robot.


Export Record



Statistic

IRStats Detail StatisticView more statistics

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Galih Kusuma Wardana (08410200082)
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 620 Engineering & Applied operations > 629 Other branches of engineering
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Teknik Komputer
Depositing User: Agung P. W.
Date Deposited: 13 Aug 2018 10:33
Last Modified: 13 Aug 2018 10:33
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3031

Actions (login required)

View Item View Item