TA : Pembuatan Compact Disc Interaktif Pengenalan Huruf Hijaiyah dengan Metode Iqra' untuk Taman Kanak-Kanak Islam Berbasis Multi Language

Almy, Muhammad Bachrul (2015) TA : Pembuatan Compact Disc Interaktif Pengenalan Huruf Hijaiyah dengan Metode Iqra' untuk Taman Kanak-Kanak Islam Berbasis Multi Language. Undergraduate thesis, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya.

[img] Text
08510160035_2015_COVER.pdf - Accepted Version

Download (197kB)
[img] Text
08510160035_2015_DAFTAR-ISI.pdf - Accepted Version

Download (188kB)
[img] Text
08510160035_2015_BAB-I.pdf - Accepted Version

Download (333kB)
[img] Text
08510160035_2015_BAB-II.pdf - Accepted Version

Download (523kB)
[img] Text
08510160035_2015_BAB-III.pdf - Accepted Version

Download (910kB)
[img] Text
08510160035_2015_BAB-IV.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[img] Text
08510160035_2015_BAB-V.pdf - Accepted Version

Download (269kB)
[img] Text
08510160035_2015_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (273kB)

Search this title on : |

Abstract

Pembelajaran Al-Quran sudah di tanamkan oleh orang tua kepada anak-anaknya sejak kecil karena pada masa tersebut anak-anak, tidak hanya orang tua tetapi sekolah-sekolah Taman Kanak-Kanak khususnya sekolah yang berbasis Islami juga melakukan hal yang sama. Tetapi hal itu tidak mudah untuk dilakukan karena anak-anak akan cenderung lebih senang bermain daripada belajar. Taman Kanak-Kanak Islam saat ini sudah mulai memanfaatkan perangkat multimedia seperti komputer dan internet, bahkan menggunakan bahasa inggris dalam sehari - hari khususnya yang bertaraf internasional / full day school atau bahkan yang bertaraf nasional sekalipun yang sudah mulai banyak ada di sekitar kita, baik itu dalam kegiatan belajar mengajar maupun dalam berdialog. Karena jika bahasa inggris sudah di terapkan sejak anak-anak kecil maka kelak mereka akan terbiasa dan menguasainya dan mereka mampu bersaing dengan anak - anak lain di luar sana. Salah satu media belajar yang efektif adalah multimedia interaktif flash, karena media interaktif flash sangat lengkap. Dalam desain interaktif berbasis flash, terdapat banyak efek animasi yang bisa diterapkan, sehingga user tidak hanya melihat informasi berupa teks namun juga dapat menikmati informasi yang dilengkapi dengan efek animasi audio-visual. Dalam pembuatan media pembelajaran yang dapat membantu proses pemahaman peserta didik, diperlukan suatu media alternative lain selain media cetak. Salahsatu media yang dapat dijadikan alternatif adalah media belajar dalam bentuk CD program multimedia interaktif yang memiliki tujuan dan maksud yang jelas tentang hal-hal khusus yang akan dipelajari. CD pembelajaran interaktif ini berisi mengenai pembelajaran Al-Qur'an yaitu pengenalan huruf hijaiyah yang dapat membantu anak-anak khususnya pada masa TK (Taman Kanak-Kanak) untuk lebih mudah memahami huruf hijaiyah dengan menyenangkan. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode iqra' karena metode ini sangat dianjurkan untuk orang yang ingin belajar membaca Al-Qur'an, karena pada tahap ini mereka akan mempelajari huruf-huruf dasar Al-Qur'an yaitu huruf hijaiyah. Adapun manfaat yang dapat diperoleh yaitu menambah ilmu anak-anak khususnya dalam dunia pendidikan Islam dan juga memudahkan anak-anak dalam belajar membaca Al-Qur'an dan dalam menguasai bahasa Inggris, dan juga agar interaktif pembelajaran ini dapat diterapkan di TK-TK Islam di seluruh Indonesia.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Muhammad Bachrul Almy (08510160035)
Uncontrolled Keywords: Al-Qur'an, Iqra', CD Interaktif, Hijaiyah, pembelajaran, Taman Kanak-Kanak, Islam, Multi Language
Dewey Decimal Classification: 000 - Computer science, information & general works > 000 Computer science, knowledge & systems > 006 Special computer methods
Divisions: Fakultas Desain dan Industri Kreatif > D4 Produksi Film dan Televisi
Depositing User: Agung P. W.
Date Deposited: 13 Aug 2018 13:08
Last Modified: 13 Aug 2018 13:08
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3037

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item