Perancangan Analytical CRM untuk Mendukung Segmentasi Pelanggan di Institusi Pendidikan

Hananto, Valentinus Roby ORCID: https://orcid.org/0000-0003-1988-3168, Churniawan, Agus Dwi and Wardhanie, Ayouvi Poerna ORCID: https://orcid.org/0000-0001-6097-3339 (2017) Perancangan Analytical CRM untuk Mendukung Segmentasi Pelanggan di Institusi Pendidikan. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 11 (1). pp. 79-87. ISSN 0852-730X

[img]
Preview
Text
01. c. Dokumen Jurnal JITIKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
01. a. Reviewer JITIKA.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
01. b. Plagiasi JITIKA rev 04092019.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Persaingan untuk meraih pelanggan merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh institusi pendidikan. Berbagai metode diterapkan sebagai upaya untuk meningkatkan daya saing, salah satunya yaitu menggunakan Customer Relationship Mangement (CRM) berupa database pelanggan yang berisi mengenai informasi pelanggan yang terperinci. Perkembangan teknologi manjemen data seperti data warehouse dan data mining menjadi pendukung penerapan CRM yang lebih sistematis dibandingkan sebelumnya. Dalam penelitian ini dijelaskan bagaimana rancangan penerapan analytical CRM untuk mendukung segmentasi pelanggan pada institusi pendidikan. Studi literatur dari berbagai penelitian dilakukan untuk mengetahui teknologi apa saja yang harus dipersiapkan oleh institusi pendidikan dalam penerapan analytical CRM. Selain itu, kami juga melakukan analisis kebutuhan untuk menyesuaikan sistem analytical CRM pada institusi pendidikan. Dengan rancangan terebut, penerapan analytical CRM dapat semakin banyak digunakan dalam mendukung segmentasi pelanggan pada institusi pendidikan.


Export Record



Statistic

IRStats Detail StatisticView more statistics

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Customer Relationship Management, Analytical CRM, segmentasi pelanggan, institusi pendidikan
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management
Divisions: Perpustakaan > Laporan Penelitian
Depositing User: Erna Joeniawati
Date Deposited: 30 Jul 2019 13:14
Last Modified: 05 Dec 2019 11:17
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3372

Actions (login required)

View Item View Item