LP : Pengaruh Pembelajaran Hybrid Learning "Brilian" dalam Meningkatkan Hasil Belajar

Hariadi, Bambang ORCID: https://orcid.org/0000-0001-9535-6752, Sunarto, M.J. Dewiyani ORCID: https://orcid.org/0000-0001-9232-1714 and Sudarmaningtyas, Pantjawati ORCID: https://orcid.org/0000-0003-3206-4052 (2017) LP : Pengaruh Pembelajaran Hybrid Learning "Brilian" dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Project Report. Penelitian dan Pengembangan Stikom Surabaya, Surabaya.

[img]
Preview
Text
LP - 2017-bambang.pdf

Download (632kB) | Preview

Search this title on : |

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah terbukti mampu memberikan kontribusi yang berarti di segala bidang kehidupan manusia, termasuk bidang pendidikan. Perkembangan teknologi informasi ini pulalah yang menjadikan generasi muda saat ini menjadi bagian dari masyarakat informasi (information society). Sebagai bagian dari masyarakat informasi, generasi muda saat ini harus didekati dengan teknologi informasi yang telah terbukti mampu menjadi katalisator bagi terjadinya revolusi pembelajaran, diantaranya dengan adanya penyediaan bahan ajar yang tidak terbatas, pengorganisasian kelas yang real time, dan tidak terbatas oleh waktu maupun tempat. Kemampuan teknologi informasi ini telah peneliti optimalkan melalui suatu implementasi hybrid learning menggunakan Google Apps for Education (GAFE). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan diterapkannya hybrid learning “Brilian” di Stikom Surabaya. Tujuan ini dimaksudkan untuk mengukur tingkat efektifitas pembelajaran dengan menerapkan hybrid learning “Brilian”. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti melakukan eksperimen semu dengan mengambil dua kelas kontrol dan dua kelas perlakuan dari dua matakuliah yang berbeda. Data yang terkumpul diolah dengan uji statistik menggunakan aplikasi SPSS. Hasil olah statistik dijadikan bahan untuk menguji hipotesis dan memaparkan diskusi dalam pembahasan hasil penelitian. Kesimpulan diambil dengan mereduksi hasil temuan penelitian dan diskusi. Selanjutnya memberikan saran pengembangan berdasarkan temuan lapangan yang diperoleh. Output dari penelitian ini berupa draf artikel untuk dimuat pada jurnal internasional bereputasi.


Export Record


Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information: Nomor : 014/ST-PPM/KPJ/VI/2017
Uncontrolled Keywords: Learning, Hybrid Learning, Hasil Belajar
Dewey Decimal Classification: 000 – Computer science, information & general works > 000 Computer science, knowledge & systems > 005 Computer programming, programs & data
Divisions: Perpustakaan > Laporan Penelitian
Depositing User: Maria Nugrahayu
Date Deposited: 05 Dec 2019 16:07
Last Modified: 05 Dec 2019 16:07
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3496

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item