TA : Pembuatan Game dengan Genre Puzzle Menggunakan Augmented Reality Bertema Pakaian Adat Nusantara sebagai Upaya Mengenalkan Budaya Lokal

Sastriyono, Muhammad Apri (2016) TA : Pembuatan Game dengan Genre Puzzle Menggunakan Augmented Reality Bertema Pakaian Adat Nusantara sebagai Upaya Mengenalkan Budaya Lokal. Undergraduate thesis, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya.

[img]
Preview
Text
12510160008-2016-STIKOMSURABAYA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Search this title on : |

Abstract

Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah membuat game dengan genre puzzle tentang pakaian adat sebagai upaya mengenalkan budaya lokal. Hal ini dilatar belakangi oleh perkembangan zaman, membuat masyarakat terbawa arus globalisasi, sehingga membuat sedikit demi sedikit telah menjauhi dan mulai melupakan budaya tradisional bangsa. Pengaplikasian dalam game ini, mengembangkan suatu aplikasi dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality dalam penyampaian informasi di game genre puzzle ini. Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan objek nyata (marker) yang digunakan sebagai penghubung antara dunia nyata dan maya sebagai alat berinteraksi dengan sistem. Metode kualitatif karena dalam penelitian ini memerlukan data yang bersifat deskriptif yang berupa karakteristik pakaian adat yang ada di Indonesia, karakteristik dari game bergenre puzzle, Augmented Reality dan anak-anak usia 6-8 tahun. Dengan dibuatnya game ini diharapkan dapat melestarikan budaya lokal serta menyampaikan berbagai jenis pendidikan dan pembelajaran tentang budaya yang menarik manfaat lainnya untuk mencoba pakaian adat yang dipilihnya secara visualisasi sehingga dapat dengan langsung melihat bentuk pakaian tersebut pada tubuhnya.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Muhammad Apri Sastriyono(12510160008)
Uncontrolled Keywords: Game, Puzzle, Pakaian Adat, Augmented Reality, Anak-anak.
Dewey Decimal Classification: 700 – Arts & recreation > 790 Sports, games & entertainment > 793 Indoor games & amusements
Divisions: Fakultas Desain dan Industri Kreatif > D4 Produksi Film dan Televisi
Depositing User: Annuh Liwan Nahar
Date Deposited: 16 Apr 2020 09:36
Last Modified: 01 Mar 2023 08:18
THESIS ADVISORS: 1. Ir. Hardman Budiardjo, M.Med.Kom., MOS. (NIDN : 0711086702)
2. Thomas Hanandry Dewanto, M.T., ACA (NIDN : 0704078105)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4421

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item