TA : Rancang Bangun Sistem Informasi Program Simulasi Pelayanan Pelanggan dengan Menggunakan Metode Discrete-event pada PT. PLN ( Persero ) Cabang Surabaya

Dhewa, I Made Dimas Fajar Warma (2011) TA : Rancang Bangun Sistem Informasi Program Simulasi Pelayanan Pelanggan dengan Menggunakan Metode Discrete-event pada PT. PLN ( Persero ) Cabang Surabaya. Undergraduate thesis, Stikom Surabaya.

[img]
Preview
Text
04410100252-2011-STIKOMSURABAYA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Search this title on : |

Abstract

PT. PLN (PERSERO) merupakan salah satu dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Indonesia. Sebagai perusahaan yang mengurus segala aspek kelistrikan di Indonesia, PT. PLN (PERSERO) merupakan tempat dimana masyarakat diberikan pelayanan berupa jasa di bidang tenaga listrik. Masalah yang sering ditemui pada perusahaan ini yaitu masalah antrian. Jumlah loket pembayaran memiliki peran yang penting di dalam operasional kerja pada PT. PLN (PERSERO), apabila loket yang dipasang terlalu sedikit maka akan menimbulkan jumlah antrian yang panjang dan lama. Sedangkan apabila jumlah loket yang dipasang terlalu banyak, maka akan menyebabkan banyaknya waktu menganggur dari loket. Karena tidak adanya sistem simulasi pelayanan pelanggan, pengaktifan loket selama ini masih bersifat intuitif. PT. PLN (PERSERO) membutuhkan aplikasi yang mampu menangani masalah antrian dengan baik agar dapat mencapai pemanfaatan tenaga kerja yang efisien dan optimal. Sistem simulasi pelayanan pelanggan ini menggunakan metode Discrete-Event Simulation. Dalam aplikasi ini perusahaan akan diminta untuk menentukan jumlah pelanggan, waktu antar kedatangan pelanggan, dan waktu proses pelayanan pelanggan. Dengan adanya sistem yang dibangun ini, PT. PLN (PERSERO) dapat menentukan jumlah loket yang harus diaktifkan. Berdasarkan utilitas yang dihasilkan, dapat dinyatakan bahwa pemanfaatan tenaga kerja sudah efisien dan optimal.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: I Made Dimas Fajar Warma Dhewa (04410100252)
Uncontrolled Keywords: PLN, Simulasi Pelayanan Pelanggan, Discrete-Event Simulation.
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Annuh Liwan Nahar
Date Deposited: 19 Jun 2020 14:37
Last Modified: 19 Jun 2020 14:37
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4893

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item