Analisis Efektivitas Iklan Lembaga Pendidikan Tinggi Melalui Media Sosial Tiktok dengan Pendekatan EPIC Model

Martono, Siswo and Budiardjo, Hardman (2021) Analisis Efektivitas Iklan Lembaga Pendidikan Tinggi Melalui Media Sosial Tiktok dengan Pendekatan EPIC Model. Jurnal SEBATIK, 25 (1). pp. 9-18. ISSN 1410-3737

[img]
Preview
Text
Dokumen_Sebatik.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Reviewer_Sebatik.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Turnitin_Sebatik.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Penilaian_Sejawat_Penulis_Kedua.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Turnitin_Penulis_Kedua.pdf

Download (2MB) | Preview

Search this title on : |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas iklan lembaga pendidikan tinggi di media sosial Tiktok. Objek penelitian adalah lembaga pendidikan tinggi yang melakukan promosi di media sosial Tiktok. Penelitian ini menggunakan pendekatan EPIC Model, variabel-variabel yang diukur adalah empathy, persuasion, impact dan communication. Variabel-variabel yang berkontribusi positif pada efektivitas iklan lembaga pendidikan tinggi di media sosial Tiktok adalah persuasion (3,87), impact (4,04) dan communication (3,65). Program studi, keunggulan lembaga pendidikan tinggi dan program studi, kompetensi lulusan menjadi stimulus untuk menentukan pilihan. Kejelasan informasi, desain konten dan slogan hal yang harus diperhatikan pada komunikasi periklanan. Variabel empathy memberikan kontribusi cukup (3,355) pada efektivitas penayangan iklan lembaga pendidikan tinggi di media sosial Tiktok. Faktor yang mendasari yaitu adanya mitos beranggapan bahwa iklan berpotensi menghabiskan kuota internet, takut tertipu dan iklan tidak sesuai dengan produk yang di iklankan. Nilai EPIC rate pada keempat dimensi adalah 3,73 yang berarti efektif. Kontribusi terbesar yang mempengaruhi efektifitas iklan lembaga pendidikan tinggi pada media sosial Tiktok adalah IMPACT. Tiktok merupakan salah satu new media yang efektif untuk mendukung keberhasilan program pemasaran.

Export Record



Statistic

IRStats Detail StatisticView more statistics

Item Type: Article
Additional Information: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/1173
Uncontrolled Keywords: Tiktok, Program Studi, Keunggulan, Daya Tarik , Kompetensi
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management
Divisions: Perpustakaan > Journals
Depositing User: Agung P. W.
Date Deposited: 07 Feb 2022 09:14
Last Modified: 20 May 2022 14:39
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5781

Actions (login required)

View Item View Item