TA : Perancangan Action Game sebagai Media Meningkatkan Fokus untuk Anak ADHD Tipe Inattentive

Lubis, Fadhilah Ferliazzah (2025) TA : Perancangan Action Game sebagai Media Meningkatkan Fokus untuk Anak ADHD Tipe Inattentive. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img] Text
20420100042-2025-UNIVERSITASDINAMIKA- POSTER.pdf - Accepted Version

Download (3MB)
[img] Text
20420100042-2025-UNIVERSITASDINAMIKA- KATALOG.pdf - Accepted Version

Download (8MB)
[img] Text
20420100042-2025-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Search this title on : |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah game action sebagai media untuk meningkatkan fokus anak dengan gangguan Inattentive Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Gangguan ini umum terjadi pada anak-anak dan dapat berdampak negatif pada perkembangan akademik dan sosial mereka. Melalui pendekatan desain komunikasi visual, penelitian ini mengembangkan game yang menggabungkan elemen hiburan dan edukasi, dengan harapan dapat menarik perhatian anak-anak dan membantu mereka dalam meningkatkan konsentrasi. Metode penelitian yang digunakan mencakup observasi, wawancara, dan studi literatur. Hasil observasi menunjukkan bahwa anak-anak ADHD cenderung lebih mudah terdistraksi ketika menggunakan media pembelajaran konvensional. Wawancara dengan guru dan orang tua mengungkapkan kebutuhan akan media yang lebih menarik dan interaktif untuk membantu anak-anak tersebut fokus. Desain game ini berfokus pada aspek visual yang mengedepankan grafik menarik dan gameplay yang menantang, dengan tujuan untuk mengurangi hiperaktivitas dan meningkatkan perhatian. Dengan memanfaatkan teknologi digital, game action diharapkan dapat menjadi alternatif terapi yang efektif bagi anak-anak ADHD, khususnya yang mengalami inatensi. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan media edukasi yang inovatif dalam mendukung proses pembelajaran anak-anak dengan ADHD.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Fadhilah Ferliazzah Lubis (20420100042)
Uncontrolled Keywords: vibrant, game, adhd inattentive, ilustrasi
Dewey Decimal Classification: 700 – Arts & recreation > 740 Drawing & decorative arts > 741 Drawing & drawings
Divisions: Fakultas Desain dan Industri Kreatif > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Fadhilah Ferliazzah Lubis
Date Deposited: 20 Aug 2025 15:43
Last Modified: 20 Aug 2025 15:43
THESIS ADVISORS: 1. Setya Putri Erdiana, S.T., M.Ds. (NIDN : 0721099105)
2. Dr. Muh. Bahruddin, S.Sos., M.Med.Kom. (NIDN : 0704017701)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/8228

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item