TA : Aplikasi Katalog Pemasaran Mobil Online Berbasis Manajemen Hubungan Rekanan Pada Hermasari Motor

Ariady, Muhammad Rifki (2016) TA : Aplikasi Katalog Pemasaran Mobil Online Berbasis Manajemen Hubungan Rekanan Pada Hermasari Motor. Undergraduate thesis, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf - Accepted Version

Download (155kB)
[img] Text
Daftar_Isi.pdf - Accepted Version

Download (213kB)
[img] Text
BAB_I.pdf - Accepted Version

Download (231kB)
[img] Text
BAB_II.pdf - Accepted Version

Download (511kB)
[img] Text
BAB_III.pdf - Accepted Version

Download (859kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB_V.pdf - Accepted Version

Download (120kB)

Search this title on : |

Abstract

Hermasari Motor merupakan showroom jual-beli mobil bekas yang awal bediri di Jl. A. Yani Km. 4,500 Banjarmasin Kalimantan Selatan dan sekarang di Jl. A. Yani Km. 9,100. Pada awal berdiri Hermasari Motor hanya bisa menampung 10 mobil dan sekarang Hermasari Motor bisa menampung 35 mobil. Omzet yang didapatkan Hermasari Motor sekitar 1-2 milyar per bulan. Permasalahan yang dihadapi Hermasari Motor adalah pelanggan tidak jadi membeli mobil karena mobil yang diinginkan pelanggan tidak tersedia dan alternatif mobil yang ditawarkan oleh showroom tidak sesuai dengan kemauan pelanggan, akibatnya pelanggan langsung pergi ke showroom lain. Pemilik showroom mencatat data mobil yang diingikan pelanggan tetapi tidak tersedia di showroom. Pemilik showroom membeli dan menampung mobil tersebut di showroom, karena terlalu banyaknya permintaan mobil dari pelanggan sehingga harus memiliki lahan yang lebih luas. Untuk menanggulangi permasalahan di atas, pihak Showroom telah melakukan pelebaran lahan, tetapi belum efektif karena untuk melakukan pelebaran lahan membutuhkan biaya sangat tinggi. Solusi untuk mengatasi masalah yang dialami pemilik showroom yaitu dengan melaksanakan manajemen hubungan, marketing, dan katalog online. Manajemen hubungan dengan rekanan untuk menjalin kerjasama dengan rekanan. Dengan kerjasama yang terjalin showroom mendapatkan informasi mobil yang dimiliki rekanan. Dengan informasi tersebut, showroom memiliki stok mobil lebih banyak tanpa harus menaruh mobil tersebut di showroom. Showroom tidak memerlukan lahan yang luas untuk menampung semua mobil tersebut. Marketing untuk penentuan harga jual mobil dari pihak Hermasari Motor maupun Rekanan sehingga mendapatkan untung. Katalog online berisi mobil Hermasari Motor dan rekanan untuk meningkatkan jangkauan pasar dalam penjualan mobil Hermasari Motor. Setelah penelitian selesai dilaksanakan, Aplikasi Katalog Pemasaran Mobil Online Berbasis Manajemen Hubungan Rekanan pada Hermasari Motor sesuai dengan solusi. Aplikasi dibuat berbasis online sehingga dapat memperluas pangsa pasar, karena dapat diakses dimana saja dan pelanggan dapat melihat stok mobil yang dimiliki showroom tanpa harus ke showroom. Aplikasi dapat melakukan manajemen hubungan antara showroom dengan rekanan. Dengan adanya hubungan dengan rekanan, Hermasari Motor mendapatkan informasi mobil menjadi stok mobil Hermasari Motor sehingga tidak memerlukan pelebaran lahan. Aplikasi dapat meningkatkan omzet dan keuntungan tanpa menggunakan modal, karena showroom mendapatkan omzet mobil tanpa harus membeli terlebih dahulu dan harga mobil ditentukan oleh showroom sehingga mendapatkan keuntungan. Aplikasi dapat melaporkan mobil terlaris berdasarkan histori transaksi, sehingga showroom dan rekanan bisa menyediakan mobil tersebut lebih banyak. Aplikasi dapat menjalin komunikasi antara showroom dengan rekanan atau pelanggan, sehingga dapat mengetahui kebutuhan mereka.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Muhammad Rifki Ariady (11410100014)
Uncontrolled Keywords: Katalog Online, Manajemen Rekanan, Pemasaran
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Maria Nugrahayu
Date Deposited: 13 Jan 2017 15:49
Last Modified: 13 Jan 2017 15:49
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/1786

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item