TA : Perancangan Buku Pedoman Konsumen Cerdas dengan Teknik Komik Strip Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Remaja di Kota Surabaya

Permatasari, Shinta Dwi (2017) TA : Perancangan Buku Pedoman Konsumen Cerdas dengan Teknik Komik Strip Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Remaja di Kota Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf - Accepted Version

Download (211kB)
[img] Text
Daftar_Isi.pdf - Accepted Version

Download (301kB)
[img] Text
BAB_I.pdf - Accepted Version

Download (344kB)
[img] Text
BAB_II.pdf - Accepted Version

Download (907kB)
[img] Text
BAB_III.pdf - Accepted Version

Download (277kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf - Accepted Version

Download (4MB)
[img] Text
BAB_V.pdf - Accepted Version

Download (238kB)
[img] Text
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (201kB)

Search this title on : |

Abstract

Kecenderungan remaja yang senang mengikuti trend baru, membuat mereka tertarik untuk membeli barang-barang diluar kebutuhannya, melainkan berdasarkan keinginan. Sikap ini yang kemudian menumbuhkan budaya konsumtif pada remaja, yang tanpa diimbangi kehati-hatian sebelum membeli. Oleh karenanya, banyak pelaku usaha yang memanfaatkan hal tersebut untuk melakukan kecurangan. Agar tidak selalu menjadi korban, remaja perlu didekatkan dengan suatu media untuk mengajak mereka sadar perlunya menjadi konsumen cerdas melalui suatu buku pedoman konsumen cerdas. Tujuan dari perancangan buku pedoman konsumen cerdas ini adalah untuk memberikan edukasi kepada remaja di kota Surabaya khususnya, agar lebih berhati-hati sebelum membeli. Dalam menjadi konsumen, banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum menikmati ataupun menggunakan barang atau jasa yang kita beli. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, studi eksisting dan studi literatur. Hasil analisis data, kemudian di reduksi untuk menemukan kata kunci yang mengarah pada strategi komunikasi buku pedoman yang akan digunakan. Dengan mengangkat “Intellegent” sebagai kata kunci yang berhasil ditemukan, kata “Intellegent” diartikan sebagai cerdas atau pandai.”Intellegent” digunakan untuk memberikan gambaran bagaimana menjadi konsumen yang cerdas melalui sebuah buku pedoman yang dikemas dengan teknik komik strip. Hasil dari perancangan buku pedoman konsumen cerdas dan implementasi medianya sudah memuat unsur-unsur informatif dan edukatif mengenai konsumen cerdas dengan konsep Intellegent, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran remaja di kota Surabaya agar lebih bertanggung jawab dan semakin cerdas sebagai konsumen.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Shinta Dwi Permatasari (13420100030)
Uncontrolled Keywords: Buku Pedoman, Konsumen Cerdas, Komik Strip, Intellegent
Dewey Decimal Classification: 700 – Arts & recreation > 740 Drawing & decorative arts > 741 Drawing & drawings
Divisions: Fakultas Desain dan Industri Kreatif > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Maria Nugrahayu
Date Deposited: 12 Oct 2017 10:29
Last Modified: 07 Aug 2023 08:14
THESIS ADVISORS: 1. Ir. Hardman Budiardjo, M.Med.Kom., MOS. (NIDN : 0711086702)
2. Sigit Prayitno Yosep, ST., ACA (NIDN : 7700013403)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/2481

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item