TA : Implementasi Metode Alpha-Beta Pruning pada Permainan TIC TAC TOE dengan Visualisasi Simple Directmedia Layer

Christianto, Edo Dwi (2017) TA : Implementasi Metode Alpha-Beta Pruning pada Permainan TIC TAC TOE dengan Visualisasi Simple Directmedia Layer. Undergraduate thesis, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (798kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (775kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (180kB)

Search this title on : |

Abstract

Permainan Tic Tac Toe adalah permainan sederhana antara dua pemain yang secara bergiliran menandai ruang dalam kotak berukuran 3 x 3. Pemain yang pertama berhasil menandai tiga kotak berurutan secara horisontal, vertikal, maupun diagonal akan memenangkan permainan. Kecerdasan buatan pun telah banyak dikembangkan untuk permainan ini seperti Minimax, Negamax, Negascout, Alpha-Beta Pruning, dan lain sebagainya. Pada pengerjaan Tugas Akhir ini, implementasi metode Alpha-Beta Pruning dilakukan untuk memberi kecerdasan kepada komputer sebagai lawan main. Alpha-Beta Pruning merupakan penyempurnaan dari algoritma Minimax. Alpha-Beta Pruning akan mengefisienkan pencarian pada Minimax. Pustaka SDL (Simple DirectMedia Layer) digunakan sebagai antarmuka aplikasi. Berdasarkan hasil implementasi yang telah dilakukan didapatkan bahwa untuk manusia melangkah pertama dan tingkat kesulitan easy, persentasi kemenangan pemain manusia sebesar 100%, untuk tingkat kesulitan medium sebesar 30%, dan untuk tingkat kesulitan hard sebesar 0%. Untuk komputer melangkah pertama dan tingkat kesulitan easy, persentasi kemenangan pemain manusia sebesar 100%, untuk tingkat kesulitan medium sebesar 0% dan untuk tingkat kesulitan hard sebesar 0%.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Edo Dwi Christianto (13410200039)
Uncontrolled Keywords: Tic Tac Toe, Artificial Intelligence, Alpha-Beta Pruning, Simple DirectMedia Layer
Dewey Decimal Classification: 700 – Arts & recreation > 790 Sports, games & entertainment > 793 Indoor games & amusements
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Teknik Komputer
Depositing User: Lidya Rosiana
Date Deposited: 30 Oct 2017 15:28
Last Modified: 01 Nov 2017 09:12
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/2539

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item